“Saya hanya lulusan SMA, lalu apa yang membuatku sukses?”

January 2, 2018

“Saya hanya lulusan SMA, lalu apa yang membuatku sukses?” 

Sekitar 15 tahun lalu, Richard St. John melakukan sebuah penerbangan menuju San Francisco untuk memenuhi undangan sebagai pembicara Tedx Talk. Selama di perjalanan terjadi sesuatu yang membuatnya berpikir dan terus bertanya. Pertanyaan itu adalah “apa yang membuat seseorang sukses?” Butuh waktu 10 tahun, 500 wawancara, 1000 kisah sukses, dan 1 juta kata yang dianalisis secara sistematis untuk menemukan jawaban ini. Jawaban ini akhirnya menjadi sebuah buku yang berjudul “The 8 traits successful people have in common; 8 to be great.” Sejak menekuni wilayah Psikologi Industri dan Organisasi di US, saya menjadi lebih tertarik untuk membaca berbagai buku yang ditulis di wilayah ini termasuk buku-buku motivasi dan self-improvement. Hanya saja, banyak diantara buku-buku tersebut sepertinya kurang menyajikan “data atau fakta” yang dapat mendukung. Tetapi buku yang satu ini berbeda, tidak begitu tebal tetapi sangat berkualitas dengan landasan hasil riset yang cukup mengesankan. Berikut cerita yang membuat saya tertarik membeli buku ini:

Di Pesawat menuju San Francisco Richard St. John duduk disamping seorang gadis remaja yang kira-kira usianya sekitar 15 tahun. Gadis itu miskin dan sepertinya baru pertama kali naik pesawat, bisa jadi juga kali terakhirnya. Orangtuanya bercerai dan dia diterbangkan ke California untuk tinggal bersama keluarganya yang lain.

Selama di pesawat, gadis ini tidak henti-hentinya bertanya kepada Richard. Dia bertanya “apakah kamu orang sukses?” Richard yang walaupun jutawan tetapi belum merasa sukses menjawab “saya bukan orang sukses, orang sukses itu seperti Oprah, Terry Fox, atau Bill Gates yang punya pesawat sendiri jadi tidak harus duduk disamping anak cerewet sepertimu.” Gadis itu tertawa. Tidak sampai disitu, gadis itu kembali bertanya “apakah kamu seorang jutawan?” Richard jadi kesal karena tidak sopan menanyakan urusan uang orang (setidaknya untuk budaya Amerika). Tetapi, dia tetap menjawab dengan jujur “iya saya jutawan.” Tetapi saya juga tidak tahu mengapa bisa. Saya tidak berusaha kaya saya juga bukan pengejar harta tetapi itu terjadi begitu saja. Itu juga tidak penting bagiku. Tetapi gadis ini berkata lain “ini penting bagiku.” Aku tidak mau hidup miskin tetapi aku juga tidak pintar di kelas. Lalu kenapa, saya juga tidak pintar kata Richard dan hanya lulusan SMA. Tidak ada yang berpikir kalau suatu saat saya bisa sukses termasuk diriku sendiri. Kalau saya mengapa kamu tidak bisa.

Pertanyaan berikutnya dari gadis itulah yang membuat Richard diam dan tidak bisa menjawab. Kalau begitu, kata gadis itu, “apa yang membuat orang sukses?” Inilah pertanyaan yang membuat Richard meneliti selama 10 tahun, mewawancarai 500 orang, mengoleksi seribu kisah sukses dan menganalisanya satu persatu. Jawaban ini kemudian ditulis dalam sebuah buku.

Setelah melakukan penelitian tersebut, Richard menemukan ada delapan karakteristik yang pada umumnya mengantarkan seseorang menjadi sukses yakni Passion, Work, Focus, Push, Ideas, Improve, Serve, dan Persist. Saya sangat ingin menjelaskan setiap kata ini namun tidak akan cukup disini. Semoga suatu saat ada kesempatan untuk bercerita tentang ini. Masing-masing dari karakteristik ini dijelaskan oleh Richard dalam bab terpisah sehingga buku tersebut memiliki delapan bab. Saya merekomendasikan buku ini karena beberapa poin yang dijelaskan konsisten dengan hasil-hasil penelitian mengenai motivasi.

Pelajaran paling berharga dari kisah ini yakni untuk menemukan sebuah jawaban dibutuhkan ketekunan dan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, cara yang dilakukan untuk mengungkap jawaban dari pertanyaanya sangat mengagumkan. Ia mencari berbagai informasi hingga mewawancarai tokoh-tokoh besar dunia dengan jumlah 500 orang hanya untuk menjawab satu pertanyaan. Richard bisa saja menjawab apa saja kepada gadis itu saat ditanya “apa yang membuat orang sukses” tetapi dia tidak menjawabnya dan mengaku tidak tahu.

Sumber : https://hillmanresources.wordpress.com

Hillman Wirawan

New Jersey, April 7 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *